ZahraNet channel: www.youtube.com/zahranet
Home » » Memisahkan koneksi game dan browsing

Memisahkan koneksi game dan browsing

Blog ini tidak menyediakan kolom KOMENTAR jadi untuk berkomentar atau menanyakan suatu hal silahkan tinggalkan komentarnya di channel youtube www.youtube.com/zahranet

Selamat malam, saya Rifai Uciha.

Pada pertemuan kami kali ini, saya akan mencoba untuk membahas skrip MikroTik yang terinspirasi oleh pengalaman pribadi saya ketika saya melihat atau menyaksikan pelanggan baik di warnet saya atau bahkan di Hotspot saya mereka mengeluh tentang patah patah atau legger ketika bermain game online.

Tentu saja saya, sebagai pemilik bisnis, sangat bingung dengan apa yang harus saya lakukan.
Saya mencoba melihat dan memperhatikan mengapa legger bisa terjadi, meskipun ping ISP cukup baik, bisa dikatakan sangat sangat baik.

Cara saya mendapatkan ping dan memperkecil ping dapat di lihat pada video ini:
https://youtu.be/FcpFNBO6hkE

Setelah saya perhatikan pelanggan yang kebetulan legger ternyata dia selain bermain game online, Dia juga membuka YouTube dan ada juga yang mengunduh secara sengaja atau tidak sengaja seperti HP yang secara otomatis memperbarui google playstore.

Nah, jadi di sini, saya membuat skrip yang dapat memisahkan koneksi game, bisa dibilang ini adalah game, tapi bukan hanya game, ini termasuk ping juga. Karena saya akan memisahkan koneksi internet dalam bentuk port 80, 8080, dan 443 yang berarti ini adalah port Browsing, Download, Youtube dan akses lainnya yang menggunakan port 443 atau lebih di kenal HTTPS.

Jadi menurut saya cara ini lebih efisien dan efektif ketimbang kita harus memisahkan port game satu persatu di tambah lagi port game selalu berubah dengan munculnya game baru.

Ada tambahan yang saya lakukan pada trik ini, biasanya kita menginput queue list user secara manual atau hanya 1 queue sedangkan saya membuat list queue secara otomatis. Jadi ketika pengguna atau pelanggan login hotspot, secara otomatis akan membuat list baru pada simpel queue seperti queue dinamic. Jadi bisa di bilang setiap user akan mendapatkan multy simple queue dinamic.

PERINGATAN
Saya tahu setiap hotspot atau pemilik internet menginginkan koneksi internet yang stabil bahkan ketika pelanggan sedang mengunduh seperti kasus ini, tetapi saya menyarankan mereka yang memiliki bandwidth rendah tidak menggunakan metode ini, karena ini berarti setiap pengguna memiliki 2 kecepatan. Misalnya jika dia browsing / mengunduh / streaming dan kita batasi hingga 2mbps, maka ketika dia memainkan game koneksi akan terpisah dari 2mbps. Sekarang bayangkan jika Anda memiliki bandwidth terbatas, itu berarti bahwa setiap pengguna akan mendapatkan penjatahan kecepatan dua kali lipat.

Sekarang dari panjang lebar, sekarang kita langsung menuju cara memasangnya.

- Sebelum Anda melakukan metode ini, alangkah baiknya bagi Anda untuk membeckup MikroTik terlebih dahulu agar lebih aman, dan jika metode ini tidak baik untuk MikroTik Anda, maka Anda akan dengan mudah kembali ke pengaturan sebelumnya dengan merestornya.

- Pastikan pada mangle, queue types, queue tree, dan simple queue tidak memiliki skrip lain, jika ada seperti misalnya Anda menggunakan pemisah port game atau segala macam hal lainnya. Cobalah untuk menghapusnya atau jika Anda tidak ingin di hapus cobalah disesuaikan terlebih dahulu dan agar lebih mudah di sini saya akan menjelaskan setiap detail dari skrip ini. karena jika tidak, kemungkinan akan berbenturan atau skrip menjadi kacau.

- ok, sekarang coba masukkan skrip yang diunduh ke terminal baru
- Sekarang periksa Skrip yang kami tempelkan pada proksi, coba periksa dan sesuaikan.
- juga menyalin dan menempelkan skrip untuk masuk dan keluar profil pengguna
- Sudah selesai, coba saja dan rasakan perbedaannya.


Untuk lebih jelasnya, silakan lihat videonya
https://youtu.be/8OfFIycF5Rk

SCREEPT UTAMA JANGAN LUPA GANTI 0.0.0.0/0 DENGAN INTERFACE YANG DI GUNAKAN



JIKA INGIN TRAFFIC DIATAS 1Mbps MASUK BIGGER



JIKA BIGGER TERSANGKUT DI QUEUE (TIDAK HILANG)


NOTE:
UNTUK KEPERLUAN LAIN SEPERTI BINDING / BYPASS dan PPPOE
Silahkan gunakan saja MINITIK, sudah sangat cocok dengan SCRIPT ini
www.minitik.net


Jika tidak mengerti silahkan tinggalkan komentar di bawah video channel youtube www.youtube.com/zahranet
Share this article :

YouTube

Total Tayangan Halaman

Pengikut