ZahraNet channel: www.youtube.com/zahranet
Home » » merubah nomor rule di MikroTik

merubah nomor rule di MikroTik

Blog ini tidak menyediakan kolom KOMENTAR jadi untuk berkomentar atau menanyakan suatu hal silahkan tinggalkan komentarnya di channel youtube www.youtube.com/zahranet

Selamat malam senang bertemu anda lagi di channel youtube ZahraNet.
Bersama dengan saya Rifai Uciha kali ini kita akan membahas bagaimana caranya merubah nomor rule di mikrotik atau merubah posisi rule.

Biasanya ini di lakukan untuk merubah urutan sebuah rule firewall atau filter yang selalu berubah.
Misal kita ingin menaruh sebuah rule buatan kita pada posisi paling atas, hanya saja pada saat MikroTik di restart / reboot filter atau rule buatan kita akan turun menjadi paling bawah.
Hal itu terjadi karena rule di atasnya adalah rule otomatis yang di buat MikroTik.

Jadi bagamana caranya agar rule kita selalu pada posisi yang kita inginkan?
Saya di sini memiliki 4 cara mengenai hal ini:

1. Seperti yang kita ketahui secara umum kita menggunakan MOVE dengan akhiran sebuah angka sebagai contoh 0 untuk membuat rule pada urutan paling atas.
CONTOH:
/queue simple move [find name="LeptopSaya"] 0;
/ip firewall filter move [find comment="Block"] 0;

2. Masih sama kita menggunakan MOVE tetapi di bagian akhir sedikit berbeda, kita menggunakan [:pick [find] 0] untuk membuat rule pada urutan paling atas.
CONTOH:
/queue simple move [find name="LeptopSaya"] [:pick [find] 0];
/ip firewall filter move [find comment="Block"] [:pick [find] 0];

3. Ketiga ini juga masih menggunakan cara MOVE tetapi di bagian akhir sedikit berbeda, kita bisa menggunakan angka seperti ini destination=0 atau kita menggunakan nama rule yang sudah ada untuk di ambil posisinya destination="nama rule" dan rule yang posisinya di ambil akan bergeser di bawahnya.
CONTOH:
/queue simple move [find name="LeptopSaya"] destination="name-queue";
/ip firewall filter move [find comment="Block"] destination=0;

4. Terakhir kita tidak lagi mengunakan MOVE, tetapi kita langsung menempatkan posisi place before saat rule itu di buat dengan script, place before artinya rule akan di buat dan di tempatkan di atas rule target.
CONTOH:
/queue simple add limit-at=256k/512k max-limit=512k/2M name="Zahra-queue" target="192.168.1.1" place-before="name-queue"

Jadi dari ke 4 cara tersebut silahkan gunakan yang menurut anda paling mudah dan sesuai dengan kebutuhan. Dan jika anda merasa masih belum mengerti silahkan minta penjelasan secara video di channel youtube www.youtube.com/zahranet
Jika tidak mengerti silahkan tinggalkan komentar di bawah video channel youtube www.youtube.com/zahranet
Share this article :

YouTube

Total Tayangan Halaman

Pengikut